Dalam tiga pelajaran, Anda telah belajar bagaimana
untuk memasukkan kode program dan menjalankan program VB2010 sampel tetapi
tanpa banyak pemahaman tentang logika pemrograman VB2010. Sekarang, mari
kita turun untuk belajar beberapa aturan dasar tentang menulis kode program
VB2010.
Pertama-tama, izinkan saya mengatakan bahwa
meskipun VB2010 sangat mirip dengan VB6 dalam hal struktur Interface dan
program, konsep dasar mereka sangat berbeda. Yang berbeda adalah bahwa
VB2010 adalah Object Oriented Programming Language penuh sementara VB6 mungkin
memiliki kemampuan OOP, itu tidak sepenuhnya berorientasi objek. Dalam
rangka memenuhi syarat sebagai sepenuhnya berorientasi objek bahasa pemrograman,
ia harus memiliki tiga teknologi inti yaitu enkapsulasi, inheritance dan
polymorphism. Ketiga istilah tersebut dijelaskan di bawah ini:
Encapsulation
Encapsulation
mengacu pada pembuatan modul mandiri yang mengikat fungsi pengolahan data. Tipe
user-defined data ini disebut kelas.Setiap kelas berisi data serta seperangkat
metode yang memanipulasi data. Komponen data kelas disebut variabel instan
dan satu contoh dari kelas adalah obyek. Sebagai contoh, dalam sistem
perpustakaan, kelas bisa menjadi anggota, dan John dan Sharon bisa dua contoh
(dua benda) dari kelas perpustakaan.
Warisan
Dalam pemrograman berorientasi objek, kelas
dibuat menurut hirarki mereka, dan warisan memungkinkan struktur dan metode
dalam satu kelas yang akan diturunkan hirarki ke kelas lain. Itu berarti lebih sedikit pemrograman
diperlukan saat menambahkan fungsi untuk sistem yang kompleks, oleh karena itu
menghemat waktu dan usaha. Jika
langkah yang ditambahkan di bagian bawah hirarki, maka hanya proses dan data
yang terkait dengan langkah unik perlu ditambahkan. Segala sesuatu tentang langkah yang
diwariskan. Kemampuan untuk
menggunakan kembali benda-benda yang ada dianggap sebagai keuntungan utama dari
pemrograman berorientasi objek.
Polimorfisme
pemrograman berorientasi objek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang tepat jenis tidak diketahui sampai runtime.Sebagai contoh, sebuah kursor layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke garis tergantung pada mode program. Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan mouse akan ditulis untuk "kursor," dan polimorfisme kursor yang memungkinkan untuk mengambil bentuk apapun yang diperlukan pada saat runtime. Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan.
pemrograman berorientasi objek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang tepat jenis tidak diketahui sampai runtime.Sebagai contoh, sebuah kursor layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke garis tergantung pada mode program. Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan mouse akan ditulis untuk "kursor," dan polimorfisme kursor yang memungkinkan untuk mengambil bentuk apapun yang diperlukan pada saat runtime. Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan.
VB6 bukan OOP penuh dalam arti bahwa ia tidak
memiliki kemampuan warisan meskipun dapat menggunakan beberapa manfaat dari
warisan. Namun, VB2010 adalah Object Oriented Programming Language
berfungsi penuh, seperti OOP lainnya seperti C + + dan Java. Hal ini
berbeda dari versi sebelumnya dari VB karena lebih memfokuskan pada data itu
sendiri sedangkan versi sebelumnya lebih fokus pada tindakan. Versi
sebelumnya dari VB dikenal sebagai bahasa pemrograman prosedural atau
fungsional. Beberapa bahasa pemrograman prosedural lainnya adalah C,
Pascal dan Fortran.
VB2010 memungkinkan pengguna untuk menulis program
yang terurai menjadi modul. Modul ini akan mewakili benda dunia nyata dan
tahu sebagai kelas atau jenis. Sebuah objek dapat diciptakan dari sebuah
kelas dan dikenal sebagai instance dari kelas. Kelas A juga dapat terdiri
dari subclass. Misalnya, pohon apel merupakan subclass dari kelas tanaman
dan apel di halaman belakang Anda adalah turunan dari kelas pohon apel. Contoh
lain adalah siswa kelas adalah subclass dari kelas manusia sementara anak Anda
John adalah turunan dari kelas mahasiswa.
Kelas A terdiri dari anggota data serta metode. Di
VB2010, struktur program untuk mendefinisikan kelas Manusia dapat ditulis sebagai
berikut:
Public Class Human 'Members data pribadi Nama As String Swasta lahir As String Kelamin Swasta As String Swasta Umur As Integer 'MetodeOverridable Sub showinfo () MessageBox.Show (Nama) MessageBox.Show (lahir) MessageBox.Show (Gender) MessageBox.Show (Usia) End Sub End Class
Mari kita lihat satu contoh tentang bagaimana untuk
membuat kelas. Contoh berikut ini menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat
sebuah kelas yang dapat menghitung BMI Anda (Body Mass Index).
Untuk membuat kelas, mulai VB2010 seperti biasa dan
memilih Windows Aplikasi. Di VB2010 IDE, klik pada Project pada menu bar
dan pilih Add Class, Add New Item dialog muncul, seperti terlihat pada Gambar
di bawah ini:
Kelas standar Class1.vb akan muncul sebagai tab
baru dengan jendela kode. Ubah nama kelas sebagai MyClass.vb. Ubah
nama formulir sebagaimana MyFirstClass.vb.
Sekarang, di jendela MyClass.vb, masukkan kode
berikut
Public Function BMI (tinggi ByVal As Single, ByVal
berat As Single)
BMI = Format ((berat) / (tinggi ^ 2),
"0.00")
End Function
Sekarang Anda telah membuat sebuah kelas (objek)
disebut MyClass dengan metode yang dikenal sebagai BMI.
Untuk menggunakan kelas BMI, masukkan tombol ke
dalam formulir dan klik pada tombol untuk memasukkan kode berikut:
Private Sub BtnCalBmi_Click (ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Menangani BtnCalBmi.Click
Dim MyObject Sebagai Obyek
Dim h, w Sebagai Single
MyObject = New myclass1 ()
h = InputBox ("Apa tinggi badan Anda dalam
meter")
w = InputBox ("Apa berat badan Anda di
kg")
MessageBox.Show (MyObject.BMI (h, w))
End Sub
Ketika Anda menjalankan program ini dan klik
tombol, pengguna akan disajikan dengan dua kotak input untuk memasukkan tinggi
dan berat badan nya kemudian dan nilai BMI akan ditampilkan dalam kotak pesan
pop-up.
0 komentar:
Posting Komentar